Rabu, 18 Agustus 2010

JANGAN TIDUR SESUDAH SHUBUH !!!

JIKA ANDA TERBANGUN MENJELANG SUBUH

Jika Anda memiliki rutinitas tidur pukul 21.00 dan kadang terbangun di dinihari (sekitar pukul 04.00) karena bermimpi buruk atau kebelet pipis,ada baiknya jika Anda tidak tidur lagi. Pada saat itu, tubuh Anda sebenarnya sudah 90% recovery (metabolisme sudah komplit). Ketika Anda memaksa tubuh tidur lagi, secara otomatis,seluruh tubuh akan "dipaksa" pula untuk kembali rileks dan tubuh mengulangi proses istirahat dari nol kembali.

Akibatnya tubuh Anda yang telah bugar 90% tadi (Anda telah mengalami tidur selama 6-7 jam), menjadi kacau. Layaknya batere rechargeable yang telah nyaris full, kemudian dimatikan lalu dicharge ulang. Lama-lama akan rusak. Begitu juga dengan tubuh. Tidak jarang anda akan bangun dengan tubuh sakit (serasa remuk),dibarengi sakit kepala, tubuh lemas dan rasanya males banget.

Ada baiknya setelah Anda terbangun, jangan biarkan diri Anda terlelap lagi, walau Anda masih merasa ingin tidur. Segeralah bangun,dan sibukkan otak Anda dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Yang utama adalah segera berwudhu dan sholat dan paling efektif adalah membaca. Saat pagi, ketika otak Anda masih segar, membaca dapat membantu Anda melatih konsentrasi dan fokus. Membaca di pagi hari dapat menekan risiko pikun atau Alzheimer. Jika tidak ada bacaan, Anda bisa bermain teka-teki silang yang juga berfungsi sama. Kalaupun ingin bermain game komputer / PS, pilihlah game yang dapat menstimulasi otak seperti catur, sukeban, atau game lain yang membutuhkan pemikiran dan strategi (bukan game kayak Tekken atau Counter Strike lho...!!!).

Jangan sekali-kali menonton, karena hanya akan membuat otak Anda berada dalam kondisi "idle" / stand by.Karena tidak distimulasi kegiatan yang "menantang", lama-lama otak akan membiarkan dirinya relaks, dan pada akhirnya Anda pun tertidur.

Selain itu, Anda bisa melakukan kegiatan lain seperti melukis,menulis, atau hal lain yang bisa menstimulasi otak Anda. Asal tahu saja: Beethoven, Mozart, Albert Einstein, J.K. Rowling, Thomas Alva Edison, bahkan Robert T. Kiyosaki banyak mendapatkan ide-ide cemerlang di pagi hari setelah bangun tidur.



Beberapa kebiasaan baik yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan-kebiasaan ini terkait dengan gaya hidup sehat yang Rasulullah telah contohkan. Kebiasaan ini tak semata-mata hanya untuk jasmani saja, namun akan mempengaruhi kondisi spiritual kita.Seperti kata pepatah, "mensana in corpore sano/di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat". Dengan tubuh yang sehat, tentu kita dapat dengan nyaman dalam melakukan ibadah dan kegiatan kita yang lain,terhindar dari penyakit, dan mengurangi biaya kesehatan kita. Kebiasaan ini dapat dengan mudah kita lakukan dan seiring waktu akan menjadi gaya hidup.

Kebiasaan tersebut adalah:

1. Bangun di pagi hari Bangun di pagi hari bagi sebagian orang adalah sebuah keberatan karena hangatnya selimut dan empuknya kasur masih begitu menggoda, sehingga enggan untuk beranjak darinya. Tak berlebihan rasanya agama (islam) menyuruh agar kita bangun di waktu subuh, bahkan sebelum itu, waktu dini hari sekitar pukul empat pagi adalah waktu yang baik untuk bangun tidur. Di pagi yang dingin kita disuruh untuk langsung bersentuhan dengan air wudhu atau menghirup udara segar.

Tak hanya itu, dalam dunia kedokteran diketahui bahwa kebiasaan ini membawa manfaat yang cukup besar. Penelitian mutakhir dalam ilmu medis barat telah mengungkap manfaat kebiasaan bangun pada waktu subuh.Ditemukan bahwa pada dini hari sekitar pukul 03.00 sampai 05.00 terjadi proses detoksin (pembuangan zat racun) di bagian paru-paru. Oleh karenaitu, biasanya selama durasi waktu ini penderita batuk akan akan mengalami batuk yang hebat. Ini karena proses pembersihan (detoksin)telah mencapai saluran pernapasan. Penelitian ini menegaskan bahwa penjagaan pola makan dan pengaturan aktivitas sesuai dengan waktu metabolisme tubuh sangat penting agar kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya.Subuh merupakan waktu yang tepat untuk proses terapi sistem pernapasan pada rongga dalam paru-paru. Ini sesuai dengan waktu pagi hari karena pada saat itu udara masih bersih.



2. Tidak tidur setelah subuh

Banyak dari kita yang kembali memanfaatkan waktu setelah shalat subuh dengan tidur kembali hingga terbit matahari dengan berbagai alasan,biasanya karena malamnya begadang atau setelah melakukan pekerjaan yang berat seharian kemarin. Apapun alasannya ternyata tidur ini sangat tidak baik.Tak perlu diragukan lagi apa yang telah dinasihatkan oleh orang tua-tua kita dahulu bahwa jika kita masih tidur sedang matahari telah terbi maka rejeki kita akan diambil ayam. Salah satu hadits nabi juga mengatakan bahwa tidur di pagi hari mencegah rizki. Diriwayatkan dari 'utsman radhiallahu'anhu dia berkata, Rasulullah Shallallahu' alaihi wassalam bersabda,tidur shubuh itu mencegah dari rezki (menjauhkan dari rezki). hadits ini dha'if jiddan lihat Dha'if at-Targhiib wa Tarhiib I/262 no. 1046

dan ada hadits yang lainnya yaitu

Hadits yang diriwayatkan dari Fathimah radhiallahu' anha,Rasululllah Shallallahu; alaihi wassalam melewati dan aku sedang tidurpagi kemudian beliau menjawil (menggerakkan badanku) dengan kakinya,kemudian berkata wahai anakku bangunlah, berusahalah mencari rezkiRabbmu dan janganlah kamu menjadi orang yang lalai karena sesungguhnyaAllah Azza wa Jalla bersumpah memberikan rezki kepada manusian antaraterbit fajar sampai munculnya matahari. (hadits Maudhu' (palsu). LihatDhaif at-Targhiib wa Tarhiib no. 1047 I/262)

Syaikh Abdul Bari Fathullah al-Hindi menasehati kita untukbersungguh-sungguh mempergunakan waktu pagi dengan segala sesuatu yang bermanfaat khususnya muraja'ah ilm syar'I atau hafalan qur'an danmenjauhkan diri dari tidur pagi karena akan banyak sekali berkah yangterlewatkan dari waktu pagi tersebut.

Beliau memberikan nasehat yang sesuai dengan hadits Rasulullah Shallallahu' alahi wassallam yang shahih yaitu"Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi harinya"HR. Abu Dawud no. 2606, Tirmidzi no. 1212, Ibnu Majah no. 2236, shahihAt-Targhiib waTarhiib no, 1693

Dan hadits

"Diberikan barakah kepada ummatku di pagi harinya"HR. Abu Dawud at-Thaayalisy dishahihkan Syaikh Alalbani dalam ShahihJami'ush Shaghir no. 2841

Bisa jadi rezeki itu adalah nikmat udara yang masih bersih yang kita dapatkan, ataupun dalam bentuk rezeki di dunia dalam bentuk uang. Banyak cerita dari orang-orang sukses bahwa semua itu mereka awali dari beraktifitas sejak setelah subuh.Ada baiknya jika waktu ini kita manfaatkan untuk belajar, baik itu belajar Al Qur'an atau pelajaran di sekolah dan di kampus. Pada waktuini otak kita sedang dalam keadaan fit dan ready untuk diajak belajar.Atau kita manfaatkan dengan bekerja, maka rezeki yang telah dijaminkan oleh Allah dapat kita peroleh dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar